Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?

Private
Public

Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?

Pil KB dirancang dengan urutan minum tertentu. Apa yang akan terjadi jika salah urutan minum? Apakah ini meningkatkan risiko kehamilan?

  • PP-YSM-ID-0305-1
Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?
Alt tag

Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?

Pil KB adalah opsi metode kontrasepsi yang aman dan mudah digunakan. Pil KB kombinasi modern juga menyertakan manfaat tambahan seperti mengurangi jerawat1, menjaga berat badan serta membantu meringankan PMDD (Premenstrual Dysphoric Disorder). Namun, untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan, pil KB harus dikonsumsi sesuai urutan.

Mengapa pil KB memiliki urutan penggunaan? Apakah yang akan terjadi jika pil KB tidak dikonsumsi sesuai urutannya? Apakah risiko kehamilan bisa meningkat? Mari kita bahas lebih jauh dalam artikel ini!

Kenapa Pil KB Ada Urutan Minumnya?

A hand holding a pack of pills

Description automatically generated

Urutan minum pil KB memiliki alasan tertentu yang berkaitan dengan kandungan hormon di dalamnya dan tujuan pencegahan kehamilan. Pada paket pil KB, umumnya terdapat dua jenis pil: pil aktif yang mengandung hormon kontrasepsi dan pil plasebo yang tidak mengandung hormon.

  • Pil Aktif. Biasanya berisi hormon estrogen dan progestin atau hanya progestin. Pil ini berfungsi untuk menghentikan ovulasi, menebalkan lendir serviks, dan merubah lapisan rahim agar sulit bagi sperma untuk mencapai sel telur

  • Pil Plasebo. Pil tanpa hormon yang dimaksudkan untuk memberikan jeda antara siklus kontrasepsi. Saat mengonsumsi pil plasebo, wanita akan mengalami menstruasi.

Urutan minum pil dimulai dengan pil aktif, diikuti oleh pil plasebo, atau istirahat selama beberapa hari tanpa minum pil. Ini membantu menjaga tingkat hormon secara konsisten, mencegah ovulasi, dan mempertahankan efektivitas kontrasepsi. Pemakaian yang benar dapat memastikan efektivitas maksimal dalam mencegah kehamilan.

Apa Itu Pil Placebo?

A close-up of a blue and white capsule

Description automatically generated

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, plasebo adalah pil yang tidak mengandung hormon. Setiap merek pil KB menyediakan jumlah pil plasebo yang berbeda-beda. Jenis paket yang paling umum adalah:

  • Paket pil 28 hari. Paket ini berisi 24 pil KB dengan hormon aktif dan 4 pil plasebo. Pil tanpa hormon atau plasebo ini digunakan untuk membantu Mums membiasakan minum pil secara teratur

  • Paket pil 21 hari. Paket ini berisi 21 pil KB dengan hormon aktif. Mums harus mengonsumsi pil ini selama 21 hari dan memberikan jeda selama 7 hari sebelum mulai minum paket berikutnya. Artinya, tidak ada pil plasebo dalam paket ini

  • Paket pil 91 hari. Beberapa merek pil KB menyediakan paket berisi 84 pil aktif dan 7 pil plasebo. Konsumsi pil ini biasanya akan membuat orang yang meminumnya hanya mengalami menstruasi 3 bulan sekali.

Dalam kebanyakan kasus, pil plasebo dalam paket pil KB biasanya merupakan pil tanpa kandungan hormon, seperti pil gula. Namun, ada juga merek pil KB yang menyertakan vitamin atau mineral dalam pil plasebo mereka, misalnya zat besi atau asam folat. 

Penggunaan pil plasebo ini bertujuan untuk meniru siklus menstruasi alami, meskipun pil tersebut tidak memiliki manfaat atau kebutuhan medis khusus. Banyak perempuan yang mengalami menstruasi saat mengonsumsi pil plasebo, yang terjadi karena tubuh bereaksi terhadap penurunan kadar hormon, menyebabkan lapisan rahim terlepas.

Lalu, apakah pil plasebo harus diminum? Kalau Mums menggunakan pil paket 21/7, Mums bisa memilih untuk tidak mengonsumsi pil plasebo dan beristirahat (tidak mengonsumsi pil KB) selama satu minggu.

Namun, jika Mums memutuskan untuk melewatkan pil plasebo, Mums harus ingat kapan waktu yang tepat untuk meminum paket yang berikutnya. Pil tidak boleh dilewatkan lebih dari 7 hari agar kehamilan tidak terjadi. Tandai tanggal di kalender atau buat pengingat di ponsel agar Mums tidak sampai lupa.

Untuk menghindari risiko kehamilan yang tidak direncanakan, sangat penting bagi siapa saja yang merasa bingung atau tidak yakin tentang perbedaan antara pil KB aktif dan plasebo untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis, atau bidan. Mereka dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan membantu memahami cara penggunaan pil KB yang  benar2.

Apa yang Terjadi Jika Urutan Minum Pil KB Tidak Sesuai?

A person holding a pack of contraceptive pills

Description automatically generated

Ini mungkin akan menjadi pertanyaan yang banyak diajukan oleh mereka yang baru pertama kali mengonsumsi pil KB. Jawabannya: tergantung pada jenis pil KB yang Mums minum.

Pil KB kombinasi tersedia dalam dua jenis kemasan: satu untuk 28 hari dan satu lagi untuk 21 hari. Kemasan 28 hari terdiri dari 24 pil aktif dan 4 pil tidak aktif, sementara kemasan 21 hari hanya memiliki 21 pil aktif. Penting bagi Mums untuk mengonsumsi pil-pil ini secara berurutan, khususnya dengan kemasan 28 hari, karena kesalahan dalam mengonsumsi pil aktif dan tidak aktif bisa mempengaruhi efektivitas kontrasepsi.

Jika Mums secara tidak sengaja minum pil tidak aktif saat seharusnya minum pil aktif, ini dianggap sebagai melewatkan satu pil. Dalam situasi ini, Mums harus segera minum pil aktif begitu teringat dan lanjutkan minum pil berikutnya pada jadwal biasa. Ini berarti Mums mungkin perlu minum dua pil dalam satu hari. Jika Mums melewatkan dua pil atau lebih secara berturut-turut dan telah berhubungan seksual tanpa kontrasepsi tambahan, seperti kondom, dalam waktu 7 hari, risiko kehamilan dapat meningkat.

Jika Mums telah berhubungan seksual sebelum menyadari bahwa telah melewatkan pil aktif, disarankan untuk menggunakan kontrasepsi darurat. Kontrasepsi darurat ini efektif mencegah kehamilan jika diminum dalam waktu 5 hari setelah berhubungan seksual tanpa kondom3.

Jika Mums masih memiliki pertanyaan seputar penggunaan pil KB dan cara konsumsi yang benar, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau bidan terdekat.

 

Baca juga: BERAPA LAMA REAKSI PIL KB SETELAH DIMINUM?

Bagikan

Referensi:

  1. What to Know About the Last Week of Birth Control Pills. [Internet]. Dapat diakses di https://www.medicalnewstoday.com/articles/323138#what-are-placebo-pills. Terakhir diakses 11 Desember 2023

  2. Does Taking a Birth Control Pill Unintentionally Out of Order Have an Effect on Anything as Long as You Take the Pill? [Internet]. https://www.plannedparenthood.org/blog/does-taking-a-birth-control-pill-unintentionally-out-of-order-have-an-effect-on-anything-as-long-as-you-take-the-pill. Terakhir diakses 11 Desember 2023.

  3. What Are the Benefits of the Birth Control Pills. [Internet]. Dapat diakses di https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-pill/what-are-the-benefits-of-the-birth-control-pill. Terakhir diakses 11 Desember 2023

PP-YSM-ID-0305-1

Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?
Salah Urutan Minum Pil KB, Apakah Bisa Hamil?
Article categories

Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?

Private
Public

Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?

Bagaimana cara kerja pil KB? Berapa jam reaksi pil KB setelah diminum? Apa dampak cara minum pil KB terhadap cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini!

  • PP-YSM-ID-0305-1
Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?
Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?

Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?

Pil KB merupakan salah satu opsi metode kontrasepsi yang digunakan secara luas. Jika diminum secara konsisten setiap hari, pil KB bisa mencegah kehamilan dengan tingkat efektivitas mencapai 99,7%1. Pil KB mengandung hormon yang bisa meregulasi menstruasi, mengurangi gejala PMS, menurunkan risiko kanker ovarium dan kanker rahim serta mengurangi tingkat keparahan jerawat2.

Salah satu hal yang mungkin menjadi pertanyaan bagi Mums yang baru pertama kali mengonsumsi pil KB adalah cara kerjanya serta kapan pil KB mulai memberikan manfaatnya setelah diminum. Simak penjelasannya berikut ini!

Bagaimana Cara Kerja Pil KB?

    A hand holding several pills

Description automatically generated

Sebelum mengetahui berapa lama pil KB bekerja, Mums perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya. Setelah dikonsumsi, pil KB bekerja dengan cara menghentikan ovarium melepaskan sel telur setiap bulannya. Pil KB juga bekerja dengan cara mengentalkan cairan di sekitar leher rahim (bukaan ke rahim) untuk mencegah masuknya sperma3.

Berapa Lama Pil KB Bekerja Setelah Diminum?

A person taking a pill

Description automatically generated

Berapa lama pil KB bekerja tergantung pada jenis pil KB apa yang Mums konsumsi dan apakah Mums sedang berada di periode menstruasi atau tidak. Mums bisa memulai minum pil KB kapan saja tapi mungkin perlu menggunakan metode kontrasepsi cadangan (seperti kondom) hingga 7 hari pertama.

Pil KB Progestin

Pil KB dengan kandungan hormon progestin saja bisa memberikan perlindungan kehamilan 2 hari setelah konsumsi pil, tidak peduli kapan Mums mulai meminumnya. Gunakan kontrasepsi lain seperti kondom jika Mums melakukan hubungan seksual selama 48 jam pertama (2 hari setelah menggunakan pil).

Mums harus mengonsumsi pil KB progestin pada waktu yang sama setiap hari. Jika pil diminum terlambat 3 jam dari waktu biasanya, gunakan metode kontrasepsi cadangan untuk 48 jam berikutnya (2 hari) untuk berjaga-jaga4.

Pil KB Kombinasi

Pil KB kombinasi merupakan jenis pil KB yang memiliki kandungan 2 jenis hormon yakni estrogen dan progesterone sintetis. Lantas, berapa lama pil KB jenis ini mulai bekerja setelah dikonsumsi?

Jika Mums meminum pil KB kombinasi dalam waktu 5 hari setelah hari pertama menstruasi, Mums akan segera terlindungi dari kehamilan. Misalnya saja, Mums mengalami menstruasi pada Senin pagi, pil KB bisa diminum kapan saja sampai Sabtu pagi dan Mums akan tetap terlindungi dari kehamilan pada hari yang sama.

Jika pil KB kombinasi diminum di lain waktu, Mums perlu mengonsumsinya selama 7 hari sebelum dapat perlindungan dari kehamilan. Jadi, apabila dalam jeda waktu tersebut Mums berencana melakukan hubungan seksual, gunakan metode kontrasepsi lain sebagai cadangan (misalnya saja dengan menggunakan kondom)5.

Mengapa Mums Harus Minum Pil KB Tepat Waktu?

A close-up of a hand holding a pack of pills

Description automatically generated

Berbeda dengan jenis kontrasepsi hormonal lain seperti implan, penggunaan pil KB memang membutuhkan kedisiplinan. Salah satu kesulitan yang sering dihadapi ketika menggunakan pil KB sebagai metode kontrasepsi adalah lupa mengonsumsi pil tersebut tepat waktu. Jika Mums lupa meminum pil pada waktu yang seharusnya, sangat penting untuk segera meminumnya secepatnya setelah ingat6

Misalnya, Mums biasa mengonsumsi pil KB malam hari tapi baru ingat belum meminumnya saat pagi hari, segera minum sesuai dosis yang harus diminum semalam. Namun, berbeda bila Mums baru ingat saat waktu untuk dosis selanjutnya, Mums wajib mengonsumsi dua pil sekaligus.

Di sisi lain, jika Mums sama sekali tidak ingat minum pil KB selama 2 hari atau lebih, Mums harus mengulang aturan minumnya dari awal selama 7 hari berturut-turut. Jika selama rentang waktu tersebut Mums ingin melakukan hubungan seksual, gunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom. Jika tidak, risiko kehamilan bisa meningkat.

Dampak cara kerja pil KB juga bisa dipengaruhi oleh waktu minumnya. Mums harus minum pil KB tepat waktu, di jam yang sama. Ini disebabkan oleh kandungan bahan aktif dalam pil tidak bisa bertahan dalam waktu lama di tubuh. Biasanya hanya berkisar 24 jam saja. Ketika Mums meminum pil di jam yang berbeda setiap harinya, maka kesuburan alami bisa kembali. Efeknya, rahim mungkin akan melepaskan sel telur dan peluang untuk mengalami kehamilan jadi lebih besar.

Selain itu, konsumsi pil KB di jam yang berbeda juga berisiko menyebabkan perdarahan yang tidak teratur. Terlebih jika Mums berhubungan seksual setelah terlambat mengonsumsi pil KB, maka risiko kehamilan akan sangat tinggi.

Mums dapat memilih Pil KB Kombinasi sebagai opsi metode kontrasepsi yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Mums dapat memilih waktu yang fleksibel dan memasang alarm untuk menjaga efektivitas pil KB. Meski begitu, tetap disarankan untuk minum di waktu yang sama demi membentuk kebiasaan dan mencegah Mums lupa mengonsumsinya7.

Selain memberikan fleksibilitas waktu konsumsi, pil KB kombinasi modern tersedia dalam 2 pilihan dengan manfaat tambahan. Pil KB kombinasi modern 21/7 misalnya, mampu membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang sekaligus membantu menjaga berat badan tetap stabil dengan mencegah penumpukan cairan di dalam tubuh.

Opsi kedua adalah pil KB kombinasi modern 24/4 yang tidak hanya membantu mencegah kehamilan, tapi juga berguna sebagai opsi terapi untuk mengatasi PMDD (Premenstrual Dysphoric Disorder). Jika Mums bingung dengan opsi mana yang harus dipilih, tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau Dokter untuk mendapatkan rekomendasi terbaik!

Baca juga: SALAH URUTAN MINUM PIL KB, APAKAH BISA HAMIL?

Bagikan

Referensi:

  1. Family Planning - A Global Handbook For Providers, 2022 Edition. [Internet]. Dapat diakses di https://www.who.int/publications/i/item/9780999203705. Terakhir diakses 13 Februari 2024

  2. Birth Control Pills. [Internet]. Dapat diakses di https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/3977-birth-control-the-pill. Terakhir diakses 10 Desember 2023

  3. Contraception - The Combined Pill. [Internet]. Dapat diakses di https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/contraception-the-pill. Terakhir diakses 10 Desember 2023

  4. How Long Does It Take for The Pill to Become Effective? [Internet]. Dapat diakses di https://www.plannedparenthood.org/blog/how-long-does-it-take-for-the-pill-to-become-effective. Terakhir diakses 10 Desember 2023

  5. How Effectve is the Birth Control Pill? [Internet]. Dapet diakses di https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-pill/how-effective-is-the-birth-control-pill. Terakhir diakses 10 Desember 2023

  6. 6 Mistakes You Might Be Making with The Pill. [Internet]. Dapat diakses di https://www.self.com/story/birth-control-pill-mistakes. Terakhir diakses 10 Desember 2023

  7. Apa Saja Kesalahan Minum Pil KB yang Sering Dilakukan? [Internet]. Dapat diakses di https://baliroyalhospital.co.id/apa-saja-kesalahan-minum-pil-kb-yang-sering-dilakukan/. Terakhir diakses 10 Desember 2023

PP-YSM-ID-0305-1

Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?
Berapa Lama Reaksi Pil KB Setelah Diminum?
Article categories

Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!

Private
Public

Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!

Sebelum mulai minum pil KB sebagai opsi metode kontrasepsi, pastikan Mums tahu cara minum pil KB yang benar agar tidak hamil. Simak penjelasannya!

  • PP-YSM-ID-0305-1
Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!
Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!

Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!

 

Pil KB adalah opsi metode kontrasepsi yang sangat mudah digunakan. Mums dapat meminum pil setiap hari sesuai dengan urutannya saja. Secara umum, ada 2 jenis pil KB yang tersedia yakni pil KB kombinasi (mengandung estrogen dan progestin) dan pil KB yang hanya mengandung satu jenis hormon saja (hanya progestin saja).

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara minum pil KB yang benar agar tidak hamil. Begitu juga cara ketika Mums ingin berhenti mengonsumsinya. Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Kapan Sebaiknya Pil KB Mulai Diminum?

A hand holding two packs of pills

Description automatically generated

Pil KB bisa mulai diminum kapan saja Mums mau. Namun, kapan waktu Mums memulainya akan menentukan berapa cepat Mums akan terlindungi dari kehamilan. Mari kita uraikan berdasarkan jenis pilnya.

Pil KB Kombinasi

Pil KB kombinasi bisa diambil kapan saja, namun waktu pengambilannya berpengaruh pada kecepatan efektivitasnya dalam mencegah kehamilan. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaruh waktu tersebut:

  • Jika Mums memulai penggunaan pil KB kombinasi dalam 5 hari pertama setelah awal menstruasi, misalnya menstruasi dimulai hari Minggu pagi, maka mengonsumsi pil sebelum Jumat pagi akan langsung memberikan perlindungan terhadap kehamilan tanpa memerlukan kontrasepsi tambahan.

  • Namun, jika Mums memulai pil KB setelah 5 hari pertama dari menstruasi, penting untuk meminum pil secara teratur selama 7 hari berturut-turut sebelum mendapatkan perlindungan penuh terhadap kehamilan. Selama 7 hari pertama ini, disarankan untuk menggunakan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, ketika berhubungan seksual. Konsistensi dan ketepatan waktu dalam mengonsumsi pil sangat penting untuk menjaga efektivitasnya. Untuk informasi yang lebih spesifik dan sesuai dengan kondisi kesehatan, sebaiknya Mums berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. 

Pil KB Progestin Saja

Pil KB yang hanya mengandung progestin, atau sering disebut sebagai mini pill, dapat diminum sesuai dengan petunjuk yang tertera dan bisa diawali kapan saja. Pil ini efektif dalam memberikan perlindungan terhadap kehamilan setelah dua dosis berturut-turut telah diminum, atau dalam waktu 48 jam. Jika Mums tidak ingin menunggu 48 jam sebelum berhubungan seksual, disarankan untuk menggunakan metode kontrasepsi tambahan sebagai langkah pencegahan sementara. Ini akan membantu menghindari risiko kehamilan hingga pil KB progestin tersebut mulai bekerja efektif1.

Bagaimana Cara Minum Pil KB yang Benar?

A person drinking water from a glass

Description automatically generated

Cara minum pil KB yang benar juga tergantung pada jenis pilnya. Jadwal pemberian dosis bervariasi dan berbeda-beda setiap merek. Pil KB tidak perlu diminum setelah makan. Namun, bagi yang rentan mual sebaiknya jangan minum dalam keadaan perut kosong.

Selama pil KB diminum sesuai dosis yang disarankan, Mums bisa memilih waktu yang paling sesuai untuk meminumnya. Pastikan waktunya nyaman dan mudah untuk dimasukkan dalam rutinitas seperti halnya saat kita minum kopi atau menyikat gigi di pagi hari. Simak cara konsumsinya berdasarkan jenis pil KB berikut ini:

  • Pil KB kombinasi secara teknis tidak perlu diminum di jam yang sama setiap hari. Tapi cara ini direkomendasikan untuk membentuk kebiasaan dan mencegah lupa. Berapa hari pil KB harus diminum, tergantung pada kemasan dosisnya

  • Pil KB progestin hanya bisa dikonsumsi di waktu yang sama (atau dalam 3 jam di sekitar waktu tersebut) setiap harinya agar bisa efektif. Jadi jika Mums minum pil progestin jam 8 pagi, mengonsumsi jam 11 di satu hari akan meningkatkan risiko kehamilan di hari berikutnya1.

Seberapa Efektif Pil KB?

Jika diminum dengan aturan yang benar, pil KB bisa mencapai tingkat efektivitas di atas 99,7%2. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan Mums mengonsumsi pil KB sesuai dengan aturan. Namun perlu diingat selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis atau bidan.

Bagaimana Jika Ingin Berhenti Mengonsumsi Pil KB?

A person looking at pills

Description automatically generated

Seseorang mungkin perlu berhenti untuk mengonsumsi pil KB karena berbagai alasan. Misalnya ingin segera merencanakan kehamilan atau ingin beralih ke metode kontrasepsi lain.

Sebenarnya, tidak ada cara yang dianggap paling tepat untuk berhenti mengonsumsi pil KB. Mums bisa berhenti minum setelah menghabiskan satu paket atau menghabiskan satu paket pil tanpa melanjutkan ke paket berikutnya.

Secara medis, ini tidak ada bedanya. Hanya saja, ketika Mums berhenti mengonsumsi satu paket pil penuh, Mums akan segera tahu kapan menstruasi datang. Sebaliknya, jika berhenti di tengah-tengah, Mums akan lebih sulit memprediksi kapan menstruasi datang.

Kalau Mums merasa penting mengetahui kapan waktu menstruasi, ada baiknya berhenti minum pil KB saat satu paketnya sudah habis. Setelah berhenti mengonsumsi pil KB, tubuh dan siklus menstruasi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri.

Selama beberapa waktu setelah berhenti menggunakan kontrasepsi, Mums mungkin mengalami bercak atau perdarahan ringan di luar siklus menstruasi biasa. Juga, siklus menstruasi Mums mungkin menjadi kurang teratur selama beberapa bulan. Namun, ini hanya bersifat sementara dan segalanya akan kembali normal setelah itu.

Penting untuk diingat bahwa ketika Mums berhenti menggunakan kontrasepsi, perlindungan terhadap kehamilan akan berakhir segera. Jadi, jika Mums berhenti minum pil KB dengan tujuan untuk beralih ke metode kontrasepsi lain, disarankan untuk segera menggunakan metode kontrasepsi cadangan agar menghindari kehamilan yang tidak direncanakan3.

Dengan kemajuan teknologi kesehatan, akses terhadap berbagai metode kontrasepsi berkualitas menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya adalah tersedianya pil KB kombinasi modern yang tidak hanya efektif mencegah kehamilan, tetapi juga menawarkan manfaat tambahan.

Misalnya, pil KB kombinasi modern yang mengandung drospirenon dapat membantu Mums menjaga berat badan dan mencegah jerawat4. Pilihlah kontrasepsi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Mums untuk memastikan perencanaan keluarga dan kesehatan Mums tetap terjaga!

 

Baca juga: SOLUSI KB UNTUK PRIA, APAKAH ADA? INI JAWABANNYA

Bagikan

Referensi:

  1. About to Start Using Birth Control Pills? Here’s How to Take Them. [Internet]. Dapat diakses di https://www.healthline.com/health/birth-control/how-to-take-birth-control-pills#takeaway. Terakhir diakses 11 Desember 2023

  2. Combined Pill. [Internet]. Dapat diakses di https://www.nhs.uk/conditions/contraception/combined-contraceptive-pill/. Terakhir diakses 11 Desember 2023

  3. How Do You Stop Taking Birth Control Pills? [Internet]. Dapat diakses di https://www.plannedparenthood.org/blog/how-do-you-stop-taking-birth-control-pills. Terakhir diakses 12 Desember 2023

  4. Bagaimana Pil KB Kombinasi Modern yang Mengandung Drospirenon Dapat Membantu Menjaga Kestabilan Berat Badan dan Mencegah Jerawat? [Internet]. Dapat diakses di https://www.bicarakontrasepsi.com/bagaimana-pil-kb-kombinasi-modern-yang-mengandung-drospirenon-dapat-membantu-menjaga-kestabilan. Terakhir diakses 12 Desember 2023.

PP-YSM-ID-0305-1

Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!
Baru Mulai Kontrasepsi? Simak Cara Minum Pil KB yang Benar!
Article categories

Solusi KB untuk Pria, Apakah Ada? Ini Jawabannya

Private
Public

Solusi KB untuk Pria, Apakah Ada? Ini Jawabannya

Meta desc: Adakah Pil KB untuk pria dan opsi kontrasepsi untuk pria? Maksimalkan cegah kehamilan dengan mengikuti aturan minum Pil KB Kombinasi Modern 24/4 ya Mums!

  • PP-YSM-ID-0305-1
Solusi KB untuk Pria, Apakah Ada? Ini Jawabannya
Solusi KB untuk Pria

Solusi KB untuk Pria, Apakah Ada? Ini Jawabannya

 

Pernahkah Mums bertanya-tanya mengenai solusi KB untuk pria? Serupa dengan kontrasepsi bagi perempuan, KB pria juga dirancang untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun, sebagaimana Mums ketahui, pilihan KB pria tidak sebanyak perempuan.

Salah satu metode KB pria paling umum yang dipilih adalah kondom. Namun, tak ada metode kontrasepsi yang sempurna. Alat kontrasepsi ini tidak dapat mencegah kehamilan 100%. Hal inilah yang kadang membuat kebingungan dalam menentukan metode kontrasepsi terbaik bagi kedua belah pihak.

Alhasil, tak sedikit di antara Mums yang pada akhirnya juga menggunakan alat kontrasepsi tambahan, seperti pil KB. Aturan minum pil KB bagi perempuan dilakukan setiap hari secara rutin sesuai dosis jenis kontrasepsi oral yang dipilih. Penggunaan kedua metode kontrasepsi ini dinilai mampu mencegah kehamilan tidak diinginkan.

Lantas, adakah pilihan metode kontrasepsi lain bagi pria? Ayo, simak penjabaran singkat mengenai solusi KB pria di bawah ini ya, Mums!

Adakah KB untuk Pria?

A group of pills in blisters

Description automatically generated

Di era modern, pencegahan kehamilan tidak hanya menyasar wanita, melainkan juga pria. Metode kontrasepsi pria juga dirancang untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan menghamili pasangannya ketika melakukan hubungan intim. Alat kontrasepsi pria bekerja dengan cara mencegah sperma masuk ke vagina sehingga mencegah terjadinya pembuahan sel telur.  

Jadi, jika Mums bertanya adakah KB untuk pria? Jawabannya adalah ada. 

Solusi KB yang Aman untuk Pria