Efek Berhenti Konsumsi Pil KB Sebelum Paketnya Habis

Cek Dulu, Ini Efek Berhenti Konsumsi Pil KB Sebelum Paketnya Habis

Lupa minum pil KB itu hal biasa. Namun, jika Mums berniat untuk menghentikan pemakaian alat kontrasepsi hormonal ini, ceritanya tentu berbeda. Pasalnya, Mums juga harus mempertimbangkan apa saja efek berhenti minum pil KB sebelum habis. 

Mums memang bisa saja ingin berhenti minum pil KB meski belum habis karena beberapa alasan. Sebelum melakukannya, simak dahulu penjelasan berikut, yuk. 

Mengapa Berhenti Minum Pil KB? 

A person holding a pack of pills

Description automatically generated

pexels.com

Dengan kerja demikian, mengapa ada wanita yang ingin stop minum pil KB? Mums bisa saja berhenti minum pil satu, dua minggu, atau lebih karena beberapa alasan, baik disengaja maupun tidak. Alasan berikut boleh jadi salah satunya.

  • Lupa minum karena sedang mengalami stres, merasa sedih, atau cemas 

  • Perubahan rutinitas dan jadwal harian

  • Efek samping KB yang tidak nyaman, seperti berat badan bertambah, depresi, sakit kepala, dan pendarahan tidak teratur

  • Salah memahami cara minum pil yang benar

  • Kehilangan pil cukup banyak sehingga harus beli paket baru

  • Kendala penebusan resep alat kontrasepsi1.

Apa Saja Efek Berhenti Minum Pil KB Sebelum Habis?

pexels.com

 

Apa pun alasan Mums berhenti minum pil KB, tetap cermati deretan efek yang akan muncul sesudahnya. Beberapa gejala dapat berlangsung dalam waktu singkat, sebagian besar berkaitan dengan pembersihan hormon yang ditinggalkan pil1.

 

Maka, Mums perlu memperhatikan efek berikut ini.

  • Perubahan siklus haid

Perubahan siklus haid usai berhenti minum pil KB sebelum habis adalah hal wajar. Mulai dari haid yang lebih lama, lebih berat, amenore (tidak mengalami haid), hingga pendarahan tidak teratur1. Paling tidak Mums perlu waktu sampai tiga bulan untuk memulihkan siklus haid alami sepenuhnya4.

  • Jerawat datang lagi

Beberapa pil KB hormonal dapat membantu mengatasi jerawat yang resisten terhadap obat. Ini menjelaskan bahwa ada sebagian orang yang mengkonsumsi pil ini bukan karena ingin menghindari kehamilan, tetapi mengatasi jerawat. Begitu berhenti minum, kulit berjerawat pun bisa datang lagi1.

  • Peluang hamil meningkat

Memang, seringkali ada anggapan bahwa sulit untuk segera hamil setelah berhenti minum pil KB. Namun, kenyataannya, peluang untuk hamil bisa meningkat dengan cepat. Bukan hal yang mustahil bagi Mums untuk hamil lebih cepat daripada yang diperkirakan. Ovulasi bisa saja terjadi pada siklus haid pertama setelah berhenti minum pil KB. Oleh karena itu, jika Mums berhubungan intim tanpa penggunaan kondom, bahkan ketika siklus haid belum sepenuhnya kembali normal, masih ada kemungkinan untuk hamil6

  • Mengalami nyeri saat ovulasi

Sebagai alat pengendali kehamilan, pil mencegah Mums mengalami masa subur. Ketika berhenti minum pil meski belum habis,

PP-YSM-ID-0308-1

 Mums bisa mengalami nyeri atau kram di bagian panggul saat ovulasi. Vagina pun dapat mengeluarkan banyak cairan atau keputihan5.

  • Migrain

Jika Mums tiba-tiba stop minum pil KB, keluhan migrain bisa jadi muncul karena penghentian estrogen. Mums akan mengeluhkan migrain sebelum haid mulai, terlebih kalau Mums memang menderita migrain sebelum memakai alat kontrasepsi hormonal1.

Bisakah Lanjut Konsumsi Pil KB Setelah Jeda?

A person holding a package of pills

Description automatically generated

pexels.com

 

Walaupun beberapa hari terasa seperti waktu yang sangat singkat, efek dari berhenti minum pil KB sebelum paketnya habis bisa terjadi dengan cepat. Penting untuk diingat bahwa risiko kehamilan tetap ada, bahkan jika Mums hanya melewatkan satu dosis. Sebab, melewatkan satu dosis saja sudah cukup untuk mengurangi efektivitas pil KB sebagai metode kontrasepsi hormonal1

PP-YSM-ID-0308-1

Dalam sebagian besar kasus, menghentikan konsumsi pil sederhana. Mums cukup berhenti meminumnya, terlepas apakah paket pil itu sudah habis atau belum7. Meskipun begitu, Mums perlu mencermati hal-hal berikut kalau ingin kembali konsumsi pil KB. 

  • Melewatkan satu dosis

Mums bisa langsung minum pil yang terlewat secepatnya. Lalu, lanjutkan minum sisa pil dalam paket setiap hari sesuai instruksi. Minum dua pil satu hari bukan masalah saat Mums melewatkan satu dosis9.

  • Melewatkan dua dosis atau lebih

Situasi ini membuat Mums berhadapan dengan peluang lebih tinggi untuk hamil. Jika kehamilan bukan jadi rencana Mums dalam waktu dekat, Mums bisa tetap melanjutkan minum satu pil per hari. Jangan lupa pakai kondom atau kontrasepsi penghalang lain minimal selama seminggu. Lalu, pertimbangkan memakai bentuk kontrasepsi darurat lain sebagai plan B9.

Mengelola Efek Samping Berhenti Minum Pil KB

pexels.com

 

PP-YSM-ID-0308-1

Sama seperti saat Mums mulai mengonsumsi kontrasepsi hormonal, ada kemungkinan efek yang muncul jika Mums berhenti minum pil KB sebelum waktunya. Namun, efek yang timbul biasanya bersifat sementara dan dalam sebagian besar kasus, akan hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan khusus7

Oleh karena itu, Mums perlu mempersiapkan diri dalam mengelola efek samping tersebut. Beberapa hal yang dapat Mums lakukan antara lain:

  • Mengompres dingin pada payudara yang terasa nyeri

  • Minum obat pereda nyeri jika sakit kepala

  • Tetap lakukan aktivitas fisik dan penuhi asupan nutrisi seimbang untuk mempertahankan berat badan7.

Namun, Mums juga harus waspada jika efek samping itu segera teratasi. Ini waktunya Mums berkunjung ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Apalagi, jika siklus haid belum normal kembali 6 bulan setelah Mums berhenti minum pil. Boleh jadi dokter akan menyarankan pengobatan tertentu untuk mengembalikan siklus haid ke keadaan normal7.

Sekarang Mums Sekarang Mums telah memahami berbagai efek yang mungkin terjadi jika berhenti minum pil KB sebelum paketnya habis. Baik karena tidak sengaja melewatkan beberapa dosis atau karena memang berencana untuk berhenti mengonsumsinya, beberapa perubahan dalam tubuh dapat terjadi. Penting untuk menyadari perubahan ini agar Mums dapat mengantisipasi dan mengerti apa yang terjadi pada tubuhnya. 

Selalu pantau perubahan tersebut dan konsultasikan ke dokter jika ada gejala yang memburuk atau tidak kunjung reda. Diskusikan juga dengan dokter apakah Mums punya pilihan lain ketika ingin ber-KB aman tanpa efek samping yang mengganggu.

Kabar baiknya, sekarang tersedia pil KB modern yang nyaman dikonsumsi. Pil KB modern ini mengandung Drospirenon dan memiliki kandungan estrogen rendah sehingga minim efek samping. 

Pil KB modern tersebut memiliki beberapa manfaat tambahan selain mencegah kehamilan. Mulai dari membantu mengatasi jerawat ringan sampai sedang, hingga tidak menimbulkan kenaikan berat badan8.

Tertarik mencobanya? Yuk, ber-KB bebas jerawat dan berat badan tetap stabil dengan pil KB modern!

PP-YSM-ID-0308-1

Bagikan

Referensi

  1. What Happens When You Stop–and Re-Start–Birth Control? [Internet]. Dapat diakses di https://www.health.com/condition/birth-control/what-happened-when-i-went-off-hormonal-birth-control-pillsTerakhir diakses 13 Desember 2023. 
  2. 13 Efek Samping Pil KB dan Aturan Penggunaannya. [Internet]. Dapat diakses di https://doktersehat.com/informasi/efek-samping-pil-kb/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  3. Combined Hormonal Birth Control: Pill, Patch, and Ring. [Internet]. Dapat diakses di https://www.acog.org/womens-health/faqs/combined-hormonal-birth-control-pill-patch-ringTerakhir diakses 13 Desember 2023. 
  4. When Will My Periods Come Back After I Stop Taking The Pill? [Internet]. Dapat diakses di https://www.nhs.uk/conditions/contraception/miss-combined-pill/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  5. 7 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB. [Internet]. Dapat diakses di https://hellosehat.com/seks/kontrasepsi/efek-berhenti-minum-pil-kb/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  6. Birth Control Pill FAQ: Benefits, Risks, and Choices. [Internet]. Dapat diakses di https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/birth-control/in-depth/birth-control-pill/art-20045136Terakhir diakses 13 Desember 2023.
  7. Stopping Birth Control: What to Expect and Management. [Internet]. Dapat diakses di https://www.medicalnewstoday.com/articles/stopping-birth-controlTerakhir diakses 13 Desember 2023. 
  8. Ber-KB Bebas Jerawat dan Berat Badan Tetap Stabil dengan Pil KB Modern. [Internet]. Dapat diakses di https://www.bicarakontrasepsi.com/ber-kb-bebas-jerawat-dan-berat-badan-tetap-stabil-dengan-pil-kb-modernTerakhir diakses 12 Desember 2023. 
  9. What to Do if You Miss a Birth Control Pill. [Internet]. Dapat diakses di https://www.verywellhealth.com/what-to-do-after-skipping-birth-control-4126492. Terakhir diakses 2 April 2024.

PP-DIA-ID-0323-1