Pil KB Drospirenon

Ber-KB Bebas Jerawat dan Berat Badan Tetap Stabil dengan Pil KB Modern

Sebelum pil KB diproduksi secara komersial pada tahun 1960-an, banyak wanita yang menggunakan sistem kalender untuk mencegah kehamilan. Kehadiran pil KB menjadi salah satu penemuan revolusioner yang membuat para wanita terbebas dari metode ini. Seiring berjalannya waktu ada perkembangan dari pil KB itu sendiri sehingga adanya pil KB modern selain mampu mencegah kehamilan, pil KB modern juga dilengkapi dengan hormon yang baik untuk penggunanya.

Seperti halnya alat kontrasepsi lain, pil KB juga kerap menimbulkan banyak kekhawatiran dan pertanyaan bagi para wanita yang menggunakannya. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain adalah:

  • Benarkah pil KB bisa bikin gemuk?[1]
  • Apa benar pil KB bisa bikin rahim jadi kering?
  • Katanya, pil KB progestin bisa bikin jerawat karena meningkatkan produksi minyak alami di tubuh. Benarkah?

Kini teknologi dalam pembuatan pil KB modern semakin canggih. Hal ini membuat produk yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang lebih baik. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana produk pil KB modern membantu Mums untuk bisa bebas jerawat dan berat badan tetap stabil.

Apa alasan menggunakan pil KB??

Secara umum, ada 3 alasan mengapa alat kontrasepsi digunakan. Pertama untuk menunda kehamilan, kedua untuk memberi jarak antar kehamilan, dan ketiga untuk menghentikan kehamilan sama sekali (fase tidak ingin hamil lagi). Untuk setiap fase, ada berbagai jenis alat kontrasepsi yang bisa Mums gunakan mulai dari pil, implan, IUD dan lain sebagainya.

Pil KB modern memiliki formula khusus yang aman dan dapat digunakan di semua fase. Artinya, apapun kebutuhan Mums baik dalam mencegah kehamilan dan memberi jarak antara kehamilan, pil KB modern tetap menjadi pilihan yang aman dan efektif.

Dilansir dari The Global Library of Women’s Medicine pil KB memiliki tingkat kegagalan yang sangat kecil yakni 0,1% dibandingkan dengan metode kontrasepsi lain seperti kondom dan suntik yang masing-masing memiliki tingkat kegagalan 3% dan 0,3%. Untuk efektivitas terbaik, Mums perlu mengonsumsi pil KB secara rutin di waktu yang sama. [2],

Apa Itu Pil KB dengan kandungan  Drospirenon?

Jika dilihat dari kandungan zat yang ada di dalamnya, pil KB terdiri dari 2 jenis yakni pil kombinasi[3]dan mini pil. Pil kombinasi seperti namanya adalah pil yang menggunakan gabungan beberapa jenis hormon yakni estrogen dan progesteron. Sementara mini pil biasanya hanya mengandung 1 hormon saja yakni progesteron. Lalu, apa apa kelebihan dari pil KB yang mengandung Drospirenon?

Drospirenon sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis progestin yang dipakai dalam berbagai produk pil KB modern. Drospirenon bekerja dengan cara menghambat pematangan folikel dan ovulasi sehingga kehamilan dapat dicegah. Tidak hanya itu, drospirenon juga memiliki sifat antiandrogen yang bisa membantu mengatasi jerawat sekaligus pertumbuhan rambut berlebih pada tubuh wanita (hirsutisme).

Tidak hanya mencegah kehamilan, pil KB dengan kandungan drospirenon juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala gangguan disforik pramenstruasi (PMDD) sampai jerawat tingkat ringan hingga sedang.

Manfaat Drospirenon dalam Pil KB Modern

Drospirenon umumnya dikombinasikan dengan etinilestradiol seperti yang terkandung dalam pil KB modern[3]. Kombinasi kedua zat ini bekerja dengan cara menekan pelepasan hormon Follicle Stimulating Hormone(FSH) dan Luteinizing Hormone (LH) yang berperan dalam ovulasi, agar mencegah ovulasi terjadi.

Selain itu, perpaduan drospirenon dan etinilestradiol juga dapat mengubah konsistensi lendir serviks, sehingga pergerakan sperma terhambat. Akibatnya, peluang pembuahan menjadi lebih kecil dan kehamilan dapat dicegah.

Pakar kesehatan juga menyebut bahwa pil KB dengan kandungan drospirenon bisa mencegah terjadinya retensi cairan yang menyebabkan kenaikan berat badan selama penggunaan kontrasepsi. Karena itu, Mums tidak perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan pada saat mengonsumsi pil KB modern.

Dalam jurnal “Added Benefits of Drospirenone for Compliance yang diterbitkan oleh NIH (National Library of Medicine) disebutkan bahwa penggunaan kombinasi drospirenon dengan etinilestradiol selama setahun bisa membantu penurunan berat badan sebanyak 1-2 kilogram. 4

Selengkapnya manfaat dari pil KB dengan kandungan Drospirenon adalah:

  • Mencegah atau menunda terjadinya kehamilan
  • Mengatasi gejala PMDD (gangguan disforik pramenstruasi)
  • Mengatasi acne vulgaris (jerawat yang tergolong sedang)
  • Membantu menaikkan kadar folat

Drospirenon, ketika dikombinasikan dengan estrogen, dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita yang sudah memasuki usia menopause selama setidaknya 1 tahun. Selain itu, kombinasi ini juga dapat meredakan gejala menopause seperti atrofi vulvovaginal (penipisan jaringan pada vulva dan vagina) serta gejala vasomotor (seperti hot flashes atau keringat berlebihan). Dengan banyak manfaat ini, tak heran drospirenon masih menjadi pilihan populer sebagai pil KB modern bagi banyak wanita.

Pil KB Modern, Membuat  Bebas Jerawat dan Berat Badan Tetap Stabil Saat Ber-KB?

Pemilihan alat kontrasepsi memang memerlukan berbagai pertimbangan penting, termasuk faktor fisik, mental, dan finansial. Efek samping yang mungkin terjadi juga perlu dipertimbangkan agar tidak menimbulkan dampak buruk dalam jangka panjang.

Beberapa wanita mungkin enggan menggunakan pil KB karena khawatir akan efek samping yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan timbulnya jerawat. Namun, saat ini sudah ada pil KB modern yang lebih aman dan minim risiko efek samping.

Pil KB modern yang tersedia di pasaran biasanya mengandung kombinasi drospirenon dan etinilestradiol. Pil KB modern 21/7, misalnya, dapat membantu mencegah kehamilan dengan berbagai manfaat tambahan. Selain efek kontrasepsi, pil ini juga dapat membantu mengurangi jerawat ringan hingga sedang, dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, Mums dapat ber-KB tanpa khawatir tentang jerawat atau perubahan berat badan. Yuk, ber-KB bebas jerawat dan berat badan tetap stabil bersama Pil KB modern!

Mums mungkin akan suka: MEMILIH KONTRASEPSI YANG COCOK, TANPA TAKUT JERAWATAN DAN JADI GEMUK

Bagikan

Referensi:

  1. Is Your Birth Control Really Making You Gain Weight? [Internet]. Dapat diakses di https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a19975809/birth-control-weight-gain/. Terakhir diakses Mei 2023.
  2. The Importance of Contraception. [Internet]. Dapat diakses di https://www.glowm.com/section-view/heading/The%20Importance%20of%20Contraception/item/373. Terakhir diakses Juni 2023
  3. Combined Pill. [Internet]. Dapat diakses di https://www.nhs.uk/conditions/contraception/combined-contraceptive-pill/ . Terakhir diakses Mei 2023.
  4. Added benefits of drospirenone for compliance. [Internet]. Dapat diakses di https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16203653/. Terakhir diakses April 2023

 

PP-YSM-ID-0219-1