Ini 5 Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Konsumsi KB Pil

Wajib Tahu, Ini 5 Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Konsumsi KB Pil

 

Ada banyak metode kontrasepsi yang bisa dipilih jika Mums ingin menunda kehamilan. Tentu saja, setiap metode mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu metode kontrasepsi yang banyak dipilih untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah pil KB.

Meski demikian, tak jarang muncul pertanyaan, bisakah segera mendapatkan kehamilan kembali setelah berhenti memakai pil KB? Sebenarnya, selain berhenti memakai pil KB, Mums juga bisa mencoba beberapa tips cepat hamil setelah KB pil.

Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Konsumsi KB Pil

A pregnant person holding her hands on her stomach

Description automatically generated

pexels.com

 

Setelah berhenti menggunakan pil KB kombinasi, Mums mungkin bisa hamil dalam waktu 1-3 bulan. 

 

Pil KB kombinasi yaitu pil yang memiliki kandungan estrogen dan progestin. Meski demikian, kebanyakan wanita bisa hamil dalam waktu satu tahun setelah berhenti menggunakan pil tersebut[1].

Jika telah berhenti menggunakan pil KB dan kembali merencanakan kehamilan bersama pasangan, Mums bisa mencoba melakukan tips cepat hamil setelah berhenti konsumsi pil KB berikut ini[2].

1. Hitung masa subur

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah Mums berhenti konsumsi pil KB dan ingin mendapatkan kehamilan kembali adalah menghitung masa subur. Ini karena kehamilan akan sulit untuk didapatkan apabila Mums tidak mengetahui kapan periode masa subur. 

Cara menghitung masa subur juga tidak sulit, Mums bisa menggunakan kalender untuk menghitung secara manual atau menggunakan aplikasi perhitungan kesuburan yang sudah sangat bervariasi. 

2. Lakukan hubungan intim sebelum periode ovulasi

Setelah Mums mengetahui periode subur, tips cepat hamil setelah menggunakan KB pil adalah berhubungan intim dengan pasangan sebelum periode tersebut tiba. Perlu Mums ketahui kalau sperma mampu bertahan di dalam saluran tuba falopi hingga 72 jam atau tiga hari. 

Sementara itu, sel ovum hanya dapat bertahan hidup antara 12 sampai 24 jam setelah periode ovulasi. Inilah sebabnya, hubungan intim sebaiknya dilakukan dua hari atau sehari sebelum memasuki masa ovulasi. 

3. Bercinta dengan posisi dan waktu yang tepat

Pernah mendengar bahwa bercinta dengan posisi tertentu bisa meningkatkan peluang kehamilan? Sebenarnya, semua posisi bercinta memberi efek yang sama asalkan Mums dan pasangan merasa nyaman saat melakukannya. 

Meski demikian, posisi dengan wanita yang ada di bawah diduga membuat sel sperma menjadi lebih mudah untuk mencapai sel telur. Sama halnya dengan posisi, tidak ada waktu yang paling efektif untuk bercinta. Perhatikan saja periode masa subur sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan. 

4. Kendalikan stres

Hormon yang tidak seimbang akan berdampak pada siklus haid yang tidak teratur. Salah satu kondisi yang bisa menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon adalah stres. Ini artinya, Mums harus dapat mengendalikan stres sehingga tidak berpengaruh pada siklus haid.

Ada banyak cara yang bisa Mums lakukan untuk mengendalikan stres. Mulai dari olahraga rutin, melakukan berbagai aktivitas yang disukai, membaca buku, hingga melakukan yoga dan meditasi.

5. Terapkan gaya hidup sehat

Tips cepat hamil setelah menggunakan KB pil yang terakhir adalah selalu disiplin menjaga pola hidup sehat. Ini termasuk menerapkan pola makan sehat dengan memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menyiapkan kehamilan. 

Perbanyak asupan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin E, antioksidan, dan asam folat untuk meningkatkan kesuburan sekaligus melindungi DNA yang ada dalam sel sperma dan ovum. Selain itu, tetaplah berolahraga secara rutin dan cukup istirahat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Tak boleh lupa, Mums dan pasangan juga perlu secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama pemeriksaan medis yang memiliki kaitan dengan kesehatan organ reproduksi. 

Pil KB Tidak Memengaruhi Kesuburan

Lantas, benarkah ada pengaruh konsumsi pil KB dengan kesuburan pada wanita? Sejauh ini, studi yang dilakukan tidak mendapati adanya dampak dari penggunaan kontrasepsi oral hormonal terhadap tingkat kesuburan wanita[3].

Ini berarti, Mums tetap bisa mendapatkan kehamilan segera setelah berhenti memakai pil KB. Akan tetapi, wanita yang memakai alat kontrasepsi dalam waktu yang lama atau jangka panjang bukan tidak mungkin akan mengalami perubahan dalam kualitas sel telur secara alami[4].

Meski begitu, secara umum, kondisi ini muncul karena faktor penuaan atau pertambahan usia yang berpengaruh pada jumlah serta kualitas sel ovum secara alami. Sementara itu, pada beberapa kondisi, pil KB dapat meningkatkan kesuburan, terlebih pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Sebab, pil KB bisa membantu melancarkan menstruasi dengan mengendalikan hormon yang memberi pengaruh terhadap kondisi ini. Namun, wanita dengan masalah ovulasi sebelum menggunakan pil KB besar kemungkinan akan mengalami permasalahan yang serupa setelah berhenti mengonsumsinya. 

Ini berarti, apabila Mums mengalami permasalahan yang berhubungan dengan kesuburan dan sulit mendapatkan kehamilan setelah tidak lagi mengonsumsi pil KB, hal tersebut terjadi bukan karena Mums mengonsumsi pil tadi, melainkan karena adanya masalah kesehatan yang Mums miliki.

Jika demikian, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga Mums bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Sementara itu, jika Mums tidak memiliki masalah kesuburan, Mums bisa mengonsumsi pil KB dengan aman, tetapi pastikan untuk memilih pil KB yang tepat. 

Mums bisa menggunakan pil KB 21/7 yang mengandung drospirenon. Tak hanya membantu mencegah kehamilan, kandungan drospirenon pada pil KB 21/7 juga bersifat anti mineralokortikoid yang membantu menjaga berat badan dan mengatasi jerawat ringan hingga sedang. 

Tak hanya itu, pil KB kombinasi modern ini juga membantu melancarkan menstruasi dan mengatasi gejala Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD) seperti nyeri payudara, depresi, lesu, perubahan suasana hati, kram dan perut kembung, dan gangguan tidur. 

Pastikan Mums mengonsumsinya sesuai dengan dosis dan anjuran dokter sehingga bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal. Yuk, ber-KB Bebas Jerawat dan Berat Badan Tetap Stabil!

 

Baca juga: JANGAN SAMPAI SALAH, BEGINI CARA PAKAI PIL KB UNTUK MELANCARKAN HAID

Bagikan

Referensi:

Getting Pregnant After Birth Control [Internet]. Dapat diakses di https://www.webmd.com/baby/get-pregnant-after-birth-control. Terakhir diakses Desember 2023.

Cara Cepat Hamil Usai Berhenti Minum Pil KB [Internet]. Dapat diakses di https://www.halodoc.com/artikel/cara-cepat-hamil-usai-berhenti-minum-pil-kb. Terakhir diakses Desember 2023.

Bagaimana Cara Merencanakan Kehamilan Selepas Pil KB? [Internet]. Dapat diakses di https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/program-hamil/hamil-setelah-berhenti-pil-kb/Terakhir diakses Desember 2023.

After Contraception. Falling Pregnant After Birth Control [Internet]. Dapat diakses di https://www.qfg.com.au/trying-to-conceive/female-fertility/after-contraception. Terakhir diakses Desember 2023. 

PP-YSM-ID-0308-1