Ketahui Dulu Kandungan Pil KB Kombinasi Modern

Sebelum Pakai, Ketahui Dulu Kandungan Pil KB Kombinasi Modern

Metode kontrasepsi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Tujuan utama dari metode kontrasepsi adalah mengontrol jumlah dan waktu kehamilan agar sesuai dengan keinginan dan perencanaan pasangan. Setiap metode kontrasepsi memiliki mekanisme kerja yang berbeda, serta kelebihan dan kelemahan masing-masing. 

Terdapat berbagai jenis metode kontrasepsi yang tersedia, salah satu yang cukup populer adalah pil KB kombinasi modern yang termasuk dalam metode kontrasepsi hormonal. Jika berencana untuk menggunakannya, sebaiknya Mums mengetahui apa saja kandungan pil kombinasi modern. 

Mengenal Pil KB Kombinasi Modern[1]

Close-up of a contraceptive pill

Description automatically generated

pexels.com

 

PP-YSM-ID-0308-1

Pil KB kombinasi modern merupakan salah satu metode kontrasepsi oral yang dapat membantu mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB ini menghalangi proses ovulasi, artinya pil tersebut mencegah indung telur melepaskan sel ovum.

Selain itu, kontrasepsi oral ini juga menyebabkan perubahan pada lendir di bagian serviks dan endometrium. Perubahan inilah yang menghalangi sperma untuk dapat bertemu dan membuahi sel telur. Selain mencegah kehamilan, manfaat lain dari pil ini antara lain:

  • Menurunkan risiko kanker ovarium dan lapisan rahim, kehamilan ektopik, kista ovarium, dan penyakit payudara non-kanker.

  • Mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

  • Meringankan dismenore saat menstruasi.

  • Mengurangi produksi hormon androgen yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik.

  • Meringankan perdarahan menstruasi berat akibat fibroid rahim dan penyebab lainnya, serta penurunan anemia defisiensi besi terkait kehilangan darah.

  • Mengatasi gejala Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD), seperti depresi, lesu, perubahan suasana hati, nyeri payudara, dan gangguan tidur. 

  • Melancarkan menstruasi. 

Kandungan Pil KB Kombinasi Modern

pexels.com

PP-YSM-ID-0308-1

Kandungan pil KB kombinasi modern adalah gabungan dari estrogen sintetik atau etinil estradiol dan progestin. Keduanya serupa dengan hormon seks alami (estrogen dan progesteron) yang diproduksi dalam tubuh wanita[2].

Kedua hormon tersebut bekerja sama untuk mencegah kehamilan terutama dengan menghentikan ovarium melepaskan sel telur setiap bulan. Selain itu, pil ini mungkin tidak bekerja jika Mums mengalami muntah-muntah atau diare parah atau sedang mengonsumsi beberapa obat. Ini termasuk beberapa obat epilepsi atau pengobatan herbal[3].

Siapa yang Bisa Menggunakan Pil KB Kombinasi Modern?

A person holding a pack of pills

Description automatically generated

pexels.com

 

Jika tidak ada alasan medis untuk tidak meminum pil KB, Mums dapat menggunakan pil KB dengan aman hingga usia 50 tahun. Sebab, ada beberapa alasan medis yang membuat penggunaan pil KB kombinasi modern tidak direkomendasikan, yaitu[3]:

  • Riwayat trombosis vena dalam (bekuan darah pada pembuluh darah), stroke, serangan jantung, atau beberapa jenis penyakit jantung lainnya.

  • Suatu kondisi yang membuat Mums lebih rentan terhadap pembekuan darah.

  • Kelainan pada hati yang parah atau kanker hati.

  • Jenis migrain tertentu.

  • Kanker payudara.

  • Lupus eritematosus sistemik (SLE) dengan antibodi antifosfolipid positif.

PP-YSM-ID-0308-1

Atau apabila Mums memiliki kondisi berikut: 

  • Berusia di atas 35 tahun dan merokok.

  • Baru saja melahirkan (pil KB umumnya dapat dikonsumsi dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan).

  • Sedang mengonsumsi obat-obatan lain yang dapat mengurangi efektivitas pil KB, termasuk beberapa obat epilepsi dan pengobatan herbal. 

Sementara itu, dokter akan membantu memutuskan apakah Mums bisa mengonsumsi pil KB atau metode lain yang lebih sesuai apabila memiliki kondisi: 

  • Mengidap tekanan darah tinggi.

  • Mengidap penyakit diabetes.

  • Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 35 atau lebih.

  • Riwayat penyakit trombosis vena dalam pada kerabat dekat.

  • Mengidap penyakit kandung empedu. 

Selalu perhatikan dosis dan anjuran pakai pil KB kombinasi yang Mums pilih. Jika baru menggunakan pil KB pertama kali, Mums bisa mengonsumsi obat pada hari pertama atau selama rentang 5 hari pertama haid. Apabila tidak sedang menstruasi, Mums bisa menggunakan pil KB setiap saat. 

Meskipun demikian, disarankan bagi Mums untuk menunda berhubungan intim selama minggu pertama atau menggunakan kondom sebagai tambahan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu, penting bagi Mums untuk mengambil pil kontrasepsi pada waktu yang sama setiap hari. 

Jadi, sekarang Mums sudah mengetahui apa saja kandungan pil KB kombinasi modern dan manfaat lain yang diberikan oleh metode kontrasepsi oral ini. Mums bisa memilih pil KB kombinasi modern 21/7.

Kandungan drospirenon tersebut memiliki sifat anti mineralkortikoid yang membantu menjaga berat badan tetap stabil karena mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Selain itu, drospirenon juga bersifat anti androgenik yang dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang. 

Sementara itu, pil KB 24/4 dengan kandungan estrogen yang lebih rendah menjadi pilihan untuk mengatasi gejala PMDD yang mencakup fisik maupun emosi yang kerap dialami wanita sebelum menstruasi. Yuk, Ber-KB Bebas Jerawat dan Berat Badan Tetap Stabil dengan pilihan pil KB kombinasi yang tepat!

PP-YSM-ID-0308-1

Bagikan

Referensi:

Combination birth control pills [Internet]. Dapat diakses di https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/combination-birth-control-pills/about/pac-20385282. Terakhir diakses Desember 2023.

What Are Combination Birth Control Pills? [Internet]. Dapat diakses di https://www.verywellhealth.com/combination-birth-control-pills-906861Terakhir diakses Desember 2023.

Combined Hormonal Contraceptive Pill (the Pill) [Internet]. Dapat diakses di https://www.fpnsw.org.au/factsheets/individuals/contraception/combined-hormonal-contraceptive-pill. Terakhir diakses Desember 2023.

PP-YSM-ID-0308-1