Program Hamil dengan Pil KB Efektif? Ini Penjelasannya

Benarkah Cara Program Hamil dengan Pil KB Efektif? Ini Penjelasannya

Mums, pernah dengar tentang cara program hamil dengan pil KB? Meski terdengar membingungkan, nyatanya ada saja yang percaya bahwa pil KB bisa memuluskan program hamil atau program hamil.

Padahal, hal itu bertentangan dengan fungsi pil KB untuk mencegah kehamilan. Lalu, bagaimana orang bisa percaya adanya cara program hamil dengan pil KB? Apa yang bisa Mums lakukan untuk mempercepat kehamilan setelah minum pil KB? Simak ulasan berikut, yuk. 

Minum Pil KB Bikin Haid Teratur 

 

A person holding a white pad

Description automatically generated

pexels.com

 

Sesuai fungsinya, saat Mums minum pil KB tujuan utama adalah mencegah kehamilan. Artinya, konsumsi rutin pil KB tidak membuat Mums langsung bisa hamil. Bahkan, metode kontrasepsi hormonal ini juga tidak berpengaruh pada kesuburan kandungan1.

Meski begitu, kandungan hormon sintetis pada pil ini diyakini bisa bikin haid lebih teratur. Pil KB memanipulasi kadar hormon dalam tubuh agar tubuh Mums seolah sedang hamil. Kehamilan semu ini membuat tubuh menghentikan proses ovulasi selama periode tertentu2.

Begitu berhenti minum pil KB, haid akan kembali teratur. Pada waktu ini Mums bisa mudah mengenali kapan masa subur atau ovulasi. Biasanya, masa subur perempuan berlangsung pada 14 hari sesudah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk siklus menstruasi 28 hari1

Namun, Mums juga perlu memperhatikan ada kemungkinan butuh beberapa kali siklus haid sebelum kembali ke kesuburan penuh. Ini memang tergantung pada apa metode kontrasepsi yang digunakan3

Ada perempuan yang stop minum pil KB hormonal dan kembali subur dalam waktu tiga siklus haid. Ada pula pengguna alat kontrasepsi lain seperti KB suntik yang butuh lima sampai delapan siklus haid untuk menemukan kesuburannya kembali4.

Ketika siklus haid sudah teratur, Mums bisa memperkirakan kapan masa subur. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim dengan pasangan9.

Selain itu, minum pil KB bukan cuma mencegah kehamilan. Pil KB juga memiliki manfaat tambahan yaitu membuat siklus haid menjadi lebih teratur, mengatasi jerawat ringan hingga sedang, meringankan nyeri haid, dan endometriosis. Bahkan, wanita yang berisiko anemia dan mengidap Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS pun dapat minum pil ini untuk memperbaiki siklus haid5

Begini Cara Program Hamil dengan Pil KB

       A hand holding a pregnancy test and a contraceptive pill

Description automatically generated

pexels.com

 

Lantas, bagaimana cara program hamil dengan pil KB?

Pertama, Mums harus tahu dulu jenis pil KB mana yang akan dikonsumsi. Terdapat dua jenis pil KB, yaitu 21 hari dan 28 hari. Mums harus minum satu pil KB setiap hari untuk menghindari terjadinya kehamilan. 

Jika memutuskan untuk menggunakan pil KB 21 hari, Mums harus mengonsumsi pil ini secara terus-menerus selama tiga minggu tanpa istirahat. Setelah itu, periode menstruasi biasanya akan terjadi pada minggu keempat, yang merupakan waktu istirahat sebelum memulai siklus pil KB selanjutnya. Setelah minggu istirahat ini, Mums dapat memulai siklus baru dengan paket pil yang baru1

Jika minum pil KB 28 hari, tepat pada hari ke-22 hingga ke-28 Mums akan minum pil plasebo. Pil tersebut tidak mengandung hormon apapun, tetapi berfungsi sebagai pengingat agar Mums tetap minum pil KB setiap hari. Selama masa tunggu inilah Mums mengalami haid1

 

Mengonsumsi pil KB secara teratur dapat membantu Mums dalam mengatur siklus haid agar lebih teratur. Dengan demikian, menentukan masa subur menjadi lebih mudah. Namun, jika Mums melewatkan satu dosis pil KB, ini bisa mengacaukan jadwal konsumsi pil dan berpotensi mengganggu siklus haid1

Perhatikan Ini Sebelum Minum Pil KB untuk Program Hamil

A person holding a glass of liquid and a pill

Description automatically generated

pexels.com

 

Satu hal yang harus Mums cermati, penyebab haid tidak teratur dapat disebabkan banyak faktor. Pil KB cuma dapat memulihkan siklus haid yang terganggu karena masalah hormonal. Itu sebabnya sebelum konsumsi pil hormonal Mums harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan1

Lalu, perhatikan hal di bawah ini sebelum Mums praktikkan cara minum pil KB untuk program hamil. 

  • Konsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum memulai cara program hamil ini

  • Bicarakan secara terbuka riwayat kesehatan, khususnya yang berpengaruh pada reproduksi

  • Beritahukan apa saja obat yang sedang Mums konsumsi, termasuk obat herbal dan non-resep

  • Jika Mums mengalami efek samping atau reaksi alergi setelah minum pil KB, segera hubungi dokter1.

Tips Cepat Hamil Setelah Stop Minum Pil KB

 

A person and person making a heart with their hands

Description automatically generated

pexels.com

 

Jika ingin program hamil setelah minum pil KB, tubuh Mums butuh beberapa waktu sampai kembali haid dalam siklus normal. Kondisi seperti PCOS, olahraga, stres, kesehatan, dan berat badan dapat mempengaruhi kapan Mums kembali mengalami haid6.

Karena pil KB berfungsi mencegah pembuahan terjadi, tubuh Mums tidak memproduksi sel telur. Begitu stop minum pil KB, tubuh segera membersihkan hormon tersisa dalam kurun waktu beberapa hari. Jika tiba-tiba Mums menemukan bercak perdarahan walau belum jadwal haid, tenang saja. Ini tanda tubuh merespons penghentian pil KB7

Agar cepat hamil setelah stop minum pil KB, Mums bisa coba tips berikut.

  • Hitung masa subur begitu siklus haid kembali normal

  • Berhubungan intim menjelang masa ovulasi

  • Komunikasikan dengan suami tentang waktu dan posisi yang nyaman saat berhubungan intim

  • Rutin konsumsi makanan sehat 

  • Hindari stres berlebih7.

Jika Mums benar ingin hamil, merencanakan kehamilan sebelum stop minum pil akan jauh lebih baik. Mums punya waktu untuk mempersiapkan kesehatan fisik diri untuk kehamilan. Mulai dari berhenti merokok dan minum alkohol, hingga konsumsi suplemen asam folat6.

Kini Mums sudah tahu bagaimana cara program hamil dengan pil KB. Ini bukan jalan satu-satunya untuk hamil, tetapi bisa jadi alternatif. Lagipula pemilihan pil KB juga penting, baik Mums ingin benar mencegah kehamilan atau memperbaiki siklus haid.

Nah, jika Mums mencari pil KB yang aman dan nyaman untuk dikonsumsi dengan efek samping minimal, pil KB modern yang mengandung Drospirenon bisa menjadi pilihan yang tepat8

Namun, sangat penting bagi Mums untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai penggunaan metode kontrasepsi ini. Setelah mendapatkan persetujuan dari dokter, Mums dapat memulai penggunaan pil KB modern ini maka Mums bisa ber-KB bebas jerawat dan berat badan tetap stabil. Tertarik mencoba?

Bagikan

Referensi

  1. Pil KB untuk Program hamil, Bisakah Membuat Anda Mudah Hamil? [Internet]. Dapat diakses di https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/program-hamil/pil-kb-untuk-program hamil/. Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  2. 13 Efek Samping Pil KB dan Aturan Penggunaannya. [Internet]. Dapat diakses di https://doktersehat.com/informasi/efek-samping-pil-kb/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  3. Return of Fertility After Discontinuation of Contraception: A Systematic Review and Meta-Analysis. [Internet]. Dapat diakses di https://contraceptionmedicine.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40834-018-0064-yTerakhir diakses 13 Desember 2023. 
  4. Pregravid Contraceptive Use and Fecundability: Prospective Cohort Study. [Internet]. Dapat diakses di https://www.bmj.com/content/371/bmj.m3966Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  5. Birth Control Pills: A Guide for Parents. [Internet]. Dapat diakses di https://youngwomenshealth.org/parents/birth-control-pills-parent/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 
  6. When Will My Periods Come Back After I Stop Taking The Pill? [Internet]. Dapat diakses di https://www.nhs.uk/conditions/contraception/when-periods-after-stopping-pill/Terakhir diakses 13 Desember 2023. 

PP-DIA-ID-0323-1