Mengenal Lebih Jauh tentang Pil KB Kombinasi Modern

Mengenal Lebih Jauh tentang Pil KB Kombinasi Modern

Bagi Mums yang sedang merencanakan untuk menunda kehamilan, memilih metode kontrasepsi yang tepat sangat penting. Salah satu opsi yang tersedia secara luas saat ini adalah alat kontrasepsi hormonal yang dikonsumsi secara oral atau lebih dikenal dengan sebutan pil KB.

Pil KB merupakan metode kontrasepsi dengan tingkat efektivitas mencapai 99,7% jika digunakan dengan benar. Ada 2 jenis pil KB yang tersedia yakni pil KB kombinasi dan pil KB progestin saja.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pil KB kombinasi modern, alasan kenapa Mums perlu mempertimbangkannya sebagai opsi kontrasepsi serta cara kerjanya.

Apa Itu Pil KB Kombinasi Modern?

A plate of oranges and pills

Description automatically generated

Pil KB kombinasi modern adalah metode kontrasepsi oral yang mengandung estrogen dan progestin. Dengan mengonsumsi pil KB, ovulasi dapat dicegah, artinya sel telur tidak akan dilepaskan. Pil KB juga bisa menyebabkan perubahan pada lendir di leher rahim sehingga menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Ada berbagai merek pil KB kombinasi modern yang tersedia di pasaran dengan kandungan dosis estrogen dan progestin yang berbeda-beda. Pil dengan dosis berkelanjutan atau siklus yang diperpanjang memungkinkan Mums mengurangi jumlah menstruasi yang Mums alami setiap tahunnya.

Jika Mums ingin menggunakan metode kontrasepsi dengan pil KB kombinasi modern, Mums dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Tenaga profesional kesehatan ini akan membantu Mums memutuskan jenis pil mana yang paling tepat untuk Mums.

Kenapa Menggunakan Pil KB Kombinasi Modern?

A person lying in bed holding a pack of pills

Description automatically generated

Pil KB kombinasi modern merupakan metode kontrasepsi yang efektif dan dapat dibalik (reversible), artinya kontrasepsi ini dapat dihentikan kapan saja tanpa mempengaruhi kemampuan jangka panjang dalam mengembalikan kesuburan atau kemampuan untuk hamil kembali. Selain berfungsi untuk mencegah kehamilan, pil KB kombinasi juga menawarkan berbagai manfaat tambahan, yang menjadikannya pilihan populer bagi banyak orang. Manfaat lain itu seperti:

  • Menurunkan risiko kanker ovarium dan endometrium, kehamilan ektopik, kista ovarium dan penyakit payudara non-kanker

  • Memperbaiki masalah jerawat ringan sampai sedang dan rambut wajah yang tumbuh berlebihan

  • Kram menstruasi yang tidak terlalu parah hingga menjadi opsi terapi untuk PMDD (jenis PMS yang parah)

  • Mengurangi produksi androgen yang disebabkan oleh PCOS (sindrom ovarium polikistik)

  • Menurunkan perdarahan menstruasi berat karena fibroid rahim atau penyebab lainnya

  • Menurunkan risiko anemia defisiensi zat besi yang disebabkan oleh kehilangan darah

  • Memudahkan dalam mengatur siklus menstruasi, membuatnya lebih jarang atau lebih singkat

  • Kontrol yang lebih baik terhadap siklus bulanan dan mengurangi hot flashes di masa transisi menuju menopause1.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Pil KB Kombinasi Modern?

Close-up of a person holding a package of pills

Description automatically generated

Cara memulai minum pil KB kombinasi modern bervariasi, dan bagaimana Mums memilih untuk memulainya tergantung pada preferensi pribadi dan saran medis. Beberapa cara untuk memulai minum pil KB adalah:

  • Metode mulai cepat. Mums bisa langsung memulai dengan meminum pil pertama dari kemasan pada saat memutuskan untuk mulai menggunakan kontrasepsi ini, tanpa menunggu waktu khusus dalam siklus menstruasi

  • Metode mulai hari Minggu. Mums memulai dengan meminum pil pertama pada hari Minggu pertama setelah menstruasi dimulai. Metode ini sering digunakan untuk memastikan bahwa menstruasi tidak jatuh pada hari Minggu di siklus  berikutnya

  • Metode permulaan hari pertama. Pil pertama diminum pada hari pertama menstruasi berikutnya. Metode ini memastikan perlindungan kontraseptif dimulai sejak awal siklus menstruasi 

Dengan metode mulai cepat (quick start) atau metode mulai hari Minggu, gunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom dalam 7 hari pertama setelah Mums meminum pil KB kombinasi. Untuk metode konsumsi pil KB hari pertama, Mums tidak membutuhkan kontrasepsi cadangan.

Simak beberapa cara menggunakan pil KB kombinasi modern berikut ini:

  • Pilih waktu yang sama untuk meminum pil KB kombinasi. Kontrasepsi oral perlu rutin diminum. Menggunakan rutinitas tertentu akan mencegah Mums lupa mengonsumsinya. Pilih waktu tertentu, misalnya setelah menyikat gigi di pagi hari atau malam hari sebelum tidur

  • Ikuti instruksi dokter atau bidan. Pil KB hanya akan berfungsi jika digunakan dengan benar. Karena ada banyak opsi kombinasi, tanyakan pada penyedia layanan kesehatan tentang cara khusus meminumnya

  • Jika ingin minum pil KB dan tetap menstruasi dengan teratur, Mums perlu mengonsumsi seluruh pil dalam paket, baik yang aktif maupun yang tidak. Mulai konsumsi paket baru setelah paket yang sebelumnya habis

  • Jika ingin menghindari menstruasi bulanan, pilih pil KB kombinasi dengan opsi berkelanjutan. Opsi ini akan membantu mengurangi jumlah menstruasi dalam setahun

  • Ketahui apa yang harus dilakukan jika Mums melewatkan pil aktif dengan cara minum segera saat ingat. Jika Mums melewatkan satu pil aktif lebih dari 12 jam, gunakan kontrasepsi cadangan selama 7 hari.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Pil KB Kombinasi?

A person holding a pill and a glass of water

Description automatically generated

Meskipun bisa memberikan sejumlah manfaat tambahan selain mencegah kehamilan, perlu dicatat bahwa tidak semua orang cocok menggunakan pil KB kombinasi modern sebagai opsi kontrasepsi. Terdapat beberapa hal yang perlu Mums perhatikan sebelum menggunakan kontrasepsi Pil KB Kombinasi Modern, yaitu:

  • Sedang berada di bulan pertama menyusui atau baru beberapa minggu setelah melahirkan

  • Berusia di atas 35 tahun dan merokok

  • Memiliki masalah tekanan darah tinggi

  • Memiliki riwayat masalah penggumpalan darah di kaki (disebut dengan trombosis vena dalam) atau di paru-paru (disebut dengan emboli paru)

  • Memiliki riwayat stroke atau penyakit jantung

  • Memiliki riwayat kanker payudara

  • Memiliki komplikasi terkait diabetes seperti penyakit ginjal, penyakit fungsi saraf atau penyakit mata

  • Punya riwayat penyakit hati atau gangguan pada kandung empedu

  • Mengalami perdarahan pada rahim yang penyebabnya tidak diketahui dengan jelas

  • Akan dirawat di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama (karena operasi atau cedera atau mengalami sakit serius).

Maka dari itu, penting untuk Mums melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan sebelum memulai penggunaan, terutama jika Mums memiliki kondisi kesehatan tertentu kesehatan tertentu. Keputusan yang baik akan membantu memastikan manfaat maksimal dan keamanan penggunaan pil KB kombinasi modern.

Baca juga: TIDAK HANYA MENCEGAH KEHAMILAN, INI DIA MANFAAT LAIN PIL KB!

Bagikan

Referensi:

  1. Birth Control Pills. [Internet]. Dapat diakses di https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/3977-birth-control-the-pill. Terakhir diakses 12 Desember 2023

  2. Combination Birth Control Pills. [Internet]. Dapat diakses di https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/combination-birth-control-pills/about/pac-20385282. Terakhir diakses 12 Desember 2023.

PP-YSM-ID-0305-1