Pil KB Modern

Jangan Sampai Salah! Begini Cara dan Aturan Minum Pil KB yang Tepat!

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang mengandung hormon sintetik yang bisa mencegah terjadinya kehamilan. Banyak wanita yang memilih pil KB sebagai kontrasepsi karena kepraktisannya. Namun, mengonsumsi pil ini ada aturannya loh Mums. Bagaimana sebenarnya aturan minum pil KB yang tepat? Mari kita simak bersama!

Mengenal Jenis Pil KB

Ada dua jenis pil KB yang beredar di pasaran berdasarkan kandungannya. Jenis pertama yakni pil KB kombinasi yang isinya adalah hormon sintetik estrogen dan progesteron1. Jenis kedua adalah pil-mini yang isinya hanya hormon sintetik progesteron (progestin).

Kedua jenis pil KB ini memiliki efektivitas yang baik selama digunakan dengan aturan pakai yang benar. Pil KB kombinasi dan pil-mini sama-sama dikonsumsi 1 pil per harinya, tetapi memiliki aturan pakai yang sedikit berbeda sesuai dengan paketnya masing-masing.

Aturan Minum Pil KB Kombinasi

Pil KB kombinasi dikonsumsi 1 pil setiap harinya2 dan bisa Mums mulai kapan saja. Namun, biasanya dianjurkan untuk mulai dikonsumsi sehari setelah menstruasi dimulai untuk pencegahan kehamilan yang efektif. Jika Mums mulai meminumnya di luar jadwal menstruasi, dianjurkan untuk menggunakan kontrasepsi tambahan lain dulu, seperti kondom selama 7 hari. Pasalnya, perlindungannya baru mulai efektif setelah 7 hari konsumsi. 

 

Ada beberapa jenis paket pil KB kombinasi yang dikonsumsi dengan cara berbeda, yaitu:

  • Pil KB Regimen 21 Hari

Untuk paket ini, berisi 21 pil yang harus Mums minum sejak hari pertama menstruasi, dan dijeda selama 7 hari karena ini adalah masa menstruasi. Setelah 7 hari Mums harus kembali memulai siklusnya.

  • Pil KB Regimen 28 Hari

Aturan minum pil KB paket 28 hari ini adalah dengan terus mengonsumsi selama 28 hari atau 4 minggu. Pada hari ke-29, paket baru diteruskan kembali. Pada paket ini, terdapat pil plasebo (tidak ada hormonnya) sejumlah 4 pil untuk diminum pada hari-hari terakhir menstruasi Mums.

 

Baca juga: CARA MENYIMPAN PIL KB YANG TEPAT AGAR EFEKTIVITASNYA TETAP TERJAGA

Aturan Minum Pil-Mini4

Pil mini biasanya diresepkan pada wanita-wanita yang mengalami kontraindikasi terhadap penggunaan hormon estrogen, seperti wanita perokok, berusia di atas 35 tahun, mengidap hipertensi, sirosis, diabetes, gangguan pembekuan darah, atau memiliki riwayat kanker payudara. Wanita menyusui juga dianjurkan untuk memilih pil-mini karena hormon estrogen pada pil KB kombinasi bisa menurunkan produksi ASI.

 

Aturan minum pil KB yang hanya berisi hormon progestin3 ini diminum setiap hari kapan saja di periode menstruasi. Pil-mini ini sudah efektif mencegah kehamilan jika diminum di hari pertama menstruasi.

Supaya pil-mini bisa bekerja efektif, pastikan Mums mengonsumsinya pada waktu yang  benar-benar sama setiap harinya, dengan toleransi keterlambatannya hingga 3 jam. Jadi, misal Mums hari ini minum pada pukul 8.00 pagi, maka keesokan harinya Mums juga harus mengonsumsi pil tersebut pada pukul 8.00 pagi juga.

 

Hal ini dikarenakan pil-mini bekerja dengan cara menebalkan cairan di area serviks sehingga sperma tidak bisa menembusnya. Efek ini tidak bertahan lama. Oleh karenanya, jika Mums telat mengonsumsi pil berikutnya, cairan tersebut akan cukup tipis untuk ditembus sperma.

Nah, itu dia aturan minum pil KB yang harus Mums patuhi untuk mendapatkan perlindungan pencegahan kehamilan yang efektif. Untuk memastikan Mums tidak lupa meminum pil KB sesuai jadwalnya, Mums bisa pasang alarm di ponsel sebagai pengingat. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memilih pil KB yang cocok ya, Mums!

Semoga bermanfaat.

Mums mungkin akan suka:  https://www.bicarakontrasepsi.com/tujuh-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-menggunakan-kontrasepsi

Bagikan

Referensi:

  1. Compliance and oral contraceptives: a review. [Internet]. September 1995. Available at:  https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7587184/ . [Diakses 12 September 2022]
  2. Winderl, AM. 2016. “How Important Is It To Take The Pill At The Same Time Every Day?”. https://www.self.com/story/how-important-is-it-to-take-the-pill-at-the-same-time-every-day. [Diakses 25 Juli 2022]
  3. Foidart, JM. Added benefits of Dropsirenone for compliance. Climacteric. 2005 Oct;8 Suppl 3:28-34. doi: 10.1080/13697130500330309. PMID: 16203653. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16203653/#:~:text=Women%20receiving%20hormone%20therapy%20with,kg%20(p%20%3C%200.001). [Diakses 25 Juli 2022]
  4. Reese M, Hatcher RA. Instructions for minipill users. Contracept Technol Update. 1985 Jan;6(1):21. PMID: 12279915. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12279915/#:~:text=Minipills%20prevent%20pregnancy%20by%20inhibiting,if%20they%20are%20used%20properly. [Diakses 25 Juli 2022]