Alt tag

Empat Alasan Pil KB yang Mengandung Drospirenon Disukai Wanita

Saat ini, pil KB tidak hanya berfungsi sebagai alat pengontrol kehamilan. Lebih dari itu, pil KB juga membawa sejumlah manfaat positif bagi tubuh wanita yang mengonsumsinya.

Sebuah studi di tahun 2011 dari Institut Guttmatcher mengemukakan 58 persen pengguna pil kontrasepsi hormonal mengonsumsinya untuk tujuan lain selain mencegah kehamilan.

Sebanyak 31 persen dari 58 persen responden tersebut menggunakannya untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh haid, seperti kram atau nyeri.[1]

Terdapat dua jenis pil KB yang lazim digunakan, yaitu pil mini dan pil kombinasi.

Pil KB kombinasi sendiri mengandung dua jenis hormon buatan, yaitu estrogen (ethinil estradiol) dan progestin (Drospirenon). Kandungan Drospirenon dikenal bagus untuk kesehatan tubuh, bahkan kecantikan.

Apa saja manfaat positif yang dapat dirasakan secara langsung? Berikut rangkumannya, seperti dilansir dari laman National Coalition for Sexual Health.

 

 1.Membantu melancarkan siklus haid

 Siklus haid yang tidak teratur sering jadi masalah. Haid yang datang terlalu cepat atau terlambat membuat   wanita resah.

Menurut Dokter Ana G. Cepin, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Columbia University mengatakan, masalah ini bisa diatasi dengan metode pengobatan hormonal.

"Wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur, berat, atau menyakitkan mungkin mendapat manfaat dari metode hormonal," kata ia.

 

Mengonsumsi pil KB jenis hormonal adalah salah satu metode yang dimaksud. Pil KB dengan kandungan hormon Estrogen (Etinilestradiol) dan Progestin (Drospirenon) ini dapat membantu mengendalikan jumlah hormon yang ada dalam tubuh.

Dikutip dari NHS, penggunaan pil KB dapat membantu membatasi atau menghentikan produksi estrogen dalam tubuh seseorang.[2]

Hormon estrogen sendiri mendorong jaringan endometriosis bertumbuh. Fungsi ini dapat membantu menstruasi jadi lebih lancar, lebih ringan, dan tidak terlalu menyakitkan.

 

2.Mengurangi rasa sakit saat haid

Mungkin Anda pernah memeluk botol berisi air hangat selama masa haid demi meredam rasa kram dan nyeri di perut.

Rasa nyeri ini dikenal dengan sebutan ilmiah dismenore. Lebih dari 50 persen wanita mengalaminya selama setidaknya selama 1-2 hari dari periode haid.[3]

Dismenore kerap disebabkan oleh tingginya kadar prostaglandin, bahan kimia dalam tubuh dengan kualitas seperti hormon. Saat level mereka meningkat di lapisan rahim, rasa sakit cenderung terjadi. Namun, saat lapisannya terlepas, rasa sakitnya berkurang.

Pil KB yang mengandung Drospirenon dapat membantu mengobati hal ini.

 

3.Membantu mencegah pertumbuhan jerawat

Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah perubahan hormon.

Menurut American Academy of Dermatology, saat stres, tubuh seseorang akan memproduksi hormon androgen lebih banyak. Jenis hormon ini merangsang kelenjar minyak dan folikel rambut di wajah, sehingga memicu munculnya jerawat.[4]

Pil kombinasi yang mengandung Drospirenon dinilai mampu membantu mengatasinya.

“Pil dengan aktivitas anti-androgenik dapat membantu menurunkan tingkat androgen dalam sistem kita. Ini cenderung memperbaiki jerawat dan pertumbuhan rambut yang tidak normal,” kata Dr. Cepin.

 

4.Mengendalikan perubahan mood saat PMS

Pada Pre Menstrual Syndrome (PMS) atau sindrom prahaid biasanya terjadi perubahan suasana hati yang ekstrem. Hal ini didorong oleh fluktuasi hormonal.

Menurut Dokter Cepin, semua metode yang menghentikan ovulasi, termasuk pil KB yang mengandung Drospirenon, dapat membantu memperbaiki sindrom prahaid.

Dengan mengonsumsi pil KB, jumlah hormon dalam tubuh seseorang dapat terkendali. Dengan demikian, sejumlah sindrom prahaid, termasuk perubahan suasana hati yang ekstrem pun dapat lebih terkendali.

Empat manfaat non-kontrasepsi di atas sangat mungkin Anda rasakan saat mengonsumsi pil KB dengan kandungan Drospirenon. Namun perlu diingat pula bahwa efek penggunaan pil KB jenis ini bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu konsultasi dengan Dokter Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya, agar mendapat manfaat terbaik untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Bagikan

Referensi:

 

  1. Beyond Birth Control: The Overlooked Benefits Of Oral Contraceptive Pills. [Internet]. November 2011. https://guttmacher.org/sites/default/files/report_pdf/beyond-birth-control.pdf . Terakhir diakses Juni 2021
  2. Treatment Endometriosis. [Internet]. January 2019. https://www.nhs.uk/conditions/endometriosis/treatment/ . Terakhir diakses Juni 2021
  3. 5 Reasons Why You Might Want to Use Birth Control Even if You've Never Had Sex. [Internet]. November 2017. https://www.hercampus.com/wellness/5-reasons-why-you-might-want-use-birth-control-even-if-youve-never-had-sex . Terakhir diakses Juni 2021.
  4. Adult Acne. [Internet]. https://www.aad.org/public/diseases/acne/really-acne/adult-acne . Terakhir diakses Juni 2021.