Kontrasepsi Darurat

Apa itu Pil Kontrasepsi Darurat?

Sumber: Pexels

Mums, di era sekarang ini, ada begitu banyak opsi alat kontrasepsi yang tersedia, termasuk yang mengandung hormon dan yang tidak. Setiap jenis memiliki cara penggunaan, keunggulan, serta batasan masing-masing. Akan tetapi, ada satu jenis yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu pil kontrasepsi darurat.

Apa itu Pil Kontrasepsi Darurat?

Pil KB darurat adalah jenis alat kontrasepsi yang digunakan dalam situasi-situasi mendesak. Situasi ini terjadi ketika seseorang terlibat dalam hubungan seksual dan tidak menggunakan metode kontrasepsi yang lebih umum seperti spiral, suntik, atau kondom. Biasanya, pil KB darurat diminum dalam waktu yang singkat setelah berhubungan intim untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

Beberapa situasi yang bisa membuat seseorang membutuhkan pil darurat termasuk:

  • Terlibat dalam hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

  • Lupa mengonsumsi pil KB reguler atau tidak melakukan suntik KB sesuai jadwal.

  • Merasa bahwa pemasangan spiral atau IUD tidak efektif.

  • Salah menghitung masa subur atau merasa tidak yakin dengan perhitungannya 1

Secara umum, cara kerja pil kontrasepsi darurat berbeda dengan pil KB biasa yang digunakan secara teratur untuk merencanakan kehamilan. Tujuan utama dari pil darurat ini adalah mencegah pembuahan setelah hubungan seksual. 

Cara Kerja Pil KB Darurat

Untuk memahami lebih lanjut tentang pil kontrasepsi darurat ini, mari kita bahas lebih dalam tentang cara kerjanya. Sebagai informasi, kehamilan terjadi ketika rahim mengalami ovulasi, yaitu saat sel telur dilepaskan untuk kemungkinan pembuahan oleh sperma. Ini adalah siklus alami dalam tubuh.

Ovulasi akan terjadi setiap siklus, apakah sel telur dibuahi atau tidak. Nah, fungsi utama pil kontrasepsi darurat adalah mencegah terjadinya ovulasi ini, sehingga proses pembuahan tidak dapat terjadi. Untuk hasil yang paling efektif, semakin cepat pil darurat dikonsumsi setelah berhubungan intim, semakin baik hasilnya.

Tidak hanya itu, setiap jenis Pil kontrasepsi darurat juga dapat digunakan dalam situasi tertentu, misalnya jika Mums terlambat mendapatkan suntikan KB progestin selama lebih dari dua minggu, atau terlambat dalam mendapatkan suntikan KB kombinasi lebih dari tujuh hari 2

Jenis  Pil KB Darurat dan Bagaimana Mereka Bekerja

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada beberapa jenis pil darurat yang tersedia untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mari kita lihat lebih dekat beberapa jenis pil darurat yang ada di pasaran.

1. Ulipristal Asetat

Ini adalah salah satu bahan yang dapat ditemukan dalam pil kontrasepsi darurat. Zat ini, juga dikenal sebagai levonorgestrel, memiliki potensi untuk mengurangi kemampuan sperma yang sudah masuk ke saluran reproduksi atas agar tidak bisa membuahi sel telur. 3

2. Progestin

Pil darurat progestin mengandung bahan utama yaitu Levonorgestrel. Levonorgestrel adalah zat buatan yang memiliki fungsi serupa dengan hormon progesteron yang dihasilkan alami oleh tubuh. Keberadaan hormon ini dapat menghentikan proses ovulasi, mencegah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan.

Efektivitas pil progestin biasanya paling tinggi dalam 3 hari pertama setelah hubungan seksual tanpa perlindungan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi pil ini dua kali sehari selama 3 hari sesegera mungkin setelah berhubungan intim. Namun, apabila Mums masih ragu, penggunaan pil ini masih diperbolehkan hingga hari kelima setelah berhubungan  2

Salah satu contoh produk pil progestin adalah pil Drospirenon. Selain digunakan sebagai pil darurat untuk situasi tertentu, pil ini juga sering digunakan dalam terapi hormon menopause.

3. Pil Kombinasi

Pil KB darurat kombinasi adalah gabungan dari pil progestin dan estrogen. Dalam teori, jika digunakan dengan tepat, pil ini memiliki tingkat efektivitas hingga 99% dalam mencegah kehamilan. Artinya, kurang dari 1 dari 100 wanita yang menggunakan pil kombinasi ini sebagai kontrasepsi akan mengalami kehamilan dalam satu tahun 4.  Namun, karena penggunaannya memerlukan aturan yang ketat, penggunaan pil kombinasi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat dengan bebas mengakses pil kombinasi ini. Selain itu, untuk memperoleh pil ini, Mums perlu memiliki resep dokter. 1

Efek Samping Penggunaan Pil KB Darurat

Seperti halnya jenis kontrasepsi lainnya, pil KB darurat juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa pengawasan dokter. Berikut beberapa dampak buruk yang perlu diketahui 5:

  •  Sakit kepala

  •  Sakit perut

  • Perubahan siklus menstruasi

  • Rasa tidak enak badan

  • Perut kembung

  • Menstruasi dapat menjadi lebih nyeri

  • Perasaan menyerupai tanda-tanda kehamilan 4

Setelah memahami lebih rinci tentang pil kontrasepsi darurat dari penjelasan di atas, apakah Mums masih tertarik untuk menggunakannya? Sesuai namanya, sebaiknya pil ini digunakan hanya dalam situasi darurat, mengingat banyak kasus penggunaan pil ini yang menimbulkan beberapa efek samping seperti yang disebutkan di atas.

Tahukah Mums? Saat ini, Mums juga dapat mempertimbangkan pil KB modern 21/7 yang memiliki banyak manfaat dan aman untuk penggunaan jangka panjang. Pil KB kombinasi modern ini mengandung drospirenon yang bersifat Anti Androgenik, artinya, pil KB ini juga membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang 6

Namun, sebelum Mums memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memilih yang paling sesuai dengan rencana kehamilan Mums.

 

Baca juga: MEMILIH METODE KONTRASEPSI UNTUK SUAMI DAN ISTRI: BAGAIMANA MENGAMBIL LANGKAH YANG TEPAT UNTUK KELUARGA?

Bagikan

Referensi:

  1. Mengenal Pil Kontrasepsi Darurat untuk Mencegah Kehamilan. [Internet]. Dapat diakses di : https://www.alodokter.com/mengenal-pil-kontrasepsi-darurat-untuk-mencegah-kehamilan . Terakhir diakses Juni 2023.

  2. https://www.sehatq.com/artikel/pil-kb-darurat-morning-after-pill . Terakhir diakses Juni 2023.

  3. Peresapan morning after pill. https://www.alomedika.com/peresepan-morning-after-pill-secara-aman Terakhir diakses Juli 2023.

  4. Combined Pil [Internet]. Dapat diakses di: https://www.nhsinform.scot/healthy-living/contraception/combined-pill  . Terakhir diakses Juni 2023

  5. Hal yang Perlu Diketahui sebelum Konsumsi Pil Kontrasepsi Darurat https://dp3appkb.bantulkab.go.id/news/hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-konsumsi-pil-kontrasepsi-darurat 

  6. Vijay N. Joish, Susan Boklage, Richard Lynen, Anja Schmidt & Jay Lin (2011) Use drospirenone/ethinyl estradiol (DRSP/EE) among women with acne reduces acne treatment-related resources, Journal of Medical Economics, 14:6, 681-689

PP-YSM-ID-0219-1